MENU SEHAT BIKIN OTAK BESAR




Agar otot membesar, berolahraga merupakan cara paling tepat. Tapi, bagaimana bila volume otak yang ingin ditambah atau diperbesar agar bisa lebih berkonsentrasi? Sebuah penelitian terbaru menyarankan, jika makan dengan menu makanan sehat, otak pun akan menjadi lebih besar. 
"Menu makanan yang sehat dapat membuat otak lebih sehat pula. Bisa juga untuk mencegah kerusakan serta memperbaiki sistem jaringan otak pada orang lanjut usia," ucap penulis senior dalam penelitian ini, Meike Vernooij. 
Vernooij adalah profesor perempuan dengan spesialis bidang pencitraan tubuh manusia di Erasmus University Medical Centre di Rotterdam, Belanda. Temuannya tersebut telah dimuat dalam jurnal online Neurology, pekan lalu. 
Penelitian itu melibatkan 4.200 orang berumur 45 tahun ke atas. Umur rata-rata mereka 66 tahun. Studi dilakukan dengan wawancara dan survei. Beberapa pertanyaan yang diajukan, antara lain, jenis makanan yang dikonsumsi dalam satu bulan terakhir dan seberapa besar porsinya. Terungkap ada sekitar 400 jenis makanan yang mereka konsumsi. 
Dalam melakukan studi ini, para peneliti memakai acuan menu makanan sehat yang dikeluarkan pemerintah Belanda. Menu makanan sehat itu diukur dengan skala 0 hingga 14-semakin besar angkanya menunjukkan semakin sehat menu makanan yang dikonsumsi. 
Menu makanan yang paling sehat adalah yang di dalamnya tercakup buah-buahan, sayur-sayuran, kacang, biji-bijian, susu dan hasil olahannya, ikan, serta minuman dengan kadar gula rendah. Menurut hasil penelitian, angka rata-rata yang didapat adalah tujuh. 
Setelah mengisi pertanyaan, para relawan menjalani pemindaian otak menggunakan magnetic resonance imaging untuk melihat ukuran otak. Informasi yang juga bisa mempengaruhi ukuran otak, seperti tekanan darah, aktivitas sehari-hari, dan perokok atau bukan, dikumpulkan. 
Setelah data yang diperoleh disesuaikan untuk melihat faktor paling berpengaruh, para peneliti menemukan bahwa semakin tinggi angka menu makanan sehat, semakin besar ukuran otak. Relawan yang makan dengan menu makanan sehat memiliki otak 2 mililiter lebih besar ketimbang yang tak menjalani pola makan sehat. 
Yang menjadi pertanyaan, apakah perbedaan 2 mililiter tersebut berpengaruh terhadap kemampuan berpikir seseorang maupun daya ingat? Para peneliti mengatakan "ya". "Kemampuan berpikir akan menurun seiring usia bertambah. Semakin tua, otak manusia mengecil," ucap Vernooij. 
Lantas, bagaimana menu makanan yang sehat dapat mempengaruhi ukuran otak? Menurut penelitian, asupan nutrisi yang bagus saat anak-anak dan masa remaja-periode saat otak tumbuh dan membesar-dapat berpengaruh pada semakin besar ukuran otak seseorang. 

James Hendrix, direktur sains global di Alzheimer’s Association, mengatakan menu makanan sehat erat hubungannya dengan aliran darah. "Apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Jika jantung bekerja dengan baik dan mampu mengalirkan darah dengan lancar ke otak, maka otak akan bekerja dengan lebih baik pula," katanya. 
Hendrix menambahkan, hipotesis yang dipakai selama ini untuk penyakit Alzheimer adalah amiloid-protein abnormal yang biasanya diproduksi oleh sel dalam sumsum tulang yang dapat disimpan dalam jaringan atau organ-dan protein tau terbentuk akibat tak terangkutnya kedua protein itu oleh aliran darah. 
"Otak memerlukan aliran darah yang lancar untuk membersihkan kedua jenis protein tersebut," katanya. "Yang perlu diperhatikan, tak ada satu pun makanan yang benar-benar bikin sehat. Yang ada adalah menu makanan yang sehat dan berimbang. 

Tujuh Cara Menjaga agar Otak Tetap Sehat 
1. Supaya otak selalu peka, belajarlah sesuatu yang baru atau belajar bahasa baru. 
2. Kontrol kadar gula darah. Diabetes berkaitan erat dengan menurunnya daya ingat. 
3. Pertahankan tekanan darah pada level normal. Tekanan darah tinggi merusak pembuluh darah di otak. 
4. Olahraga melancarkan aliran darah di otak. Usahakan berolahraga seminggu sekali. 
5. Hindari benturan keras pada kepala. Luka dalam bagian kepala mempengaruhi daya ingat. 
6. Buanglah gula dan karbon dari menu makan. Perbanyak makanan berserat, seperti sayuran dan buah. 
7. Perbanyak konsumsi vitamin B. Vitamin B12 sangat bagus untuk kesehatan otak. 

|Tempo 8 Juni 2018 |




Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam memulai pelayanan pada hari ini 25 Februari 2020, dikarenakan pada jam 06.00 kami mendapati banjir yang mencapai selutut orang dewasa. (25 Februari 2020 Jam 08:20:00) Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No 22 Tahun 2019 Tentang Penerapan Pola Hidup Sehat bagi Personel Penerbangan (02 Desember 2019 Jam 08:51:00) Jam Pelayanan BLU Balai Hatpen. Pendaftaran Senin-Jum'at pukul 06.00 - 10.00 WIB/ Sesuai Kuota . Pemeriksaan dan Konsultasi Pukul 07.00-15.00 WIB. Istirahat Pukul 12.00-13.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional LIBUR (30 Juli 2019 Jam 08:04:00) Kuota Pendaftaran Pengujian Kesehatan di Balai Kesehatan Penerbangan sebanyak 160 orang atau Pendaftaran Ditutup Pukul 09.00 WIB, untuk Pendaftaran Recheck ditutup Pukul 10.00 WIB (13 Maret 2019 Jam 14:39:00) Kepala Balai Kesehatan Penerbangan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : SE.028 Tentang Prosedur Permohonan Sertifikat Kesehatan (08 Februari 2019 Jam 15:47:00) Peraturan Kepala BLU Balai Hatpen No.1 Thn 2018 Tgl 16-8-2018, Ttg Tata Cara Pengenaan Tarif Layanan Utama BLU Balai Hatpen. Tidak ada Layanan & tarif yg berlaku di BLU Balai Hatpen kecuali yg telah ditetapkan dlm peraturan. (08 Februari 2019 Jam 15:46:00)