TINGKATKAN KESELAMATAN PENERBANGAN, OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH IV DAN AIRNAV INDONESIA, GELAR AVIATION KNOWLEDGE & AIRCRAFT OPERATIONAL PERFORMANCE




SIARAN PERS
Nomor :68/SP/KSIHU/II/2019

(Bali, 19/2/2019) - Industri penerbangan di Indonesia mengalami peningkatkan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penumpang transportasi udara yang menunjukkan pertumbuhan dibandingkan transportasi lainnya.


Sejalan dengan peningkatan transportasi udara tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Denpasar dan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI)  menyelenggarakan kegiatan Aviation Knowledge & Aircraft Operational Performance di Hard Rock Hotel, Mangunpura.


Aviation Knowledge & Aircraft Operational Performance merupakan suatu wadah diskusi, tempat menukar informasi para stakeholder  untuk meningkatkan acceptable level of safety performance dengan tujuan  keselamatan selalu terjaga senada dengan  yang digemakan oleh Ditjen Hubud “Penerbangan Selamanya” (Selamat Aman dan Nyaman).


Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menjaga dan meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada khususnya maupun Indonesia pada umumnya. “Dalam kegiatan ini, kami menekankan agar semua stakeholder penerbangan dapat memenuhi ketentuan peraturan yang berlaku. Khususnya pada saat cuaca buruk,” tegas Elfi Amir selaku Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Denpasar.


Menurut Elfi, peraturan tersebut sudah diatur melalui  surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SE. 16 Tahun 2017 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Kondisi Cuaca Esktrim dan Nomor : SE. 17 Tahun 2017 Tentang Peningkatan Keselamatan Penerbangan di Bandara Pada Musim Penghujan.


Narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah  Capt. Christian Bisara dari Operational Expert AirNav Indonesia dan Capt. Anditama dari Ikatan Pilot Indonesia serta Saryono sebagai Ahli Lalu Lintas Udara yang  menjabarkan sejumlah poin penting terutama  untuk  petugas Air Traffic Controller (ATC) untuk  dapat mengetahui kemampuan operasi dan tipikal operasi dari pesawat yang beroperasi, sehingga dapat memberikan panduan lalu lintas udara yang  optimum dan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh para pilot pada saat  abnormal condition.


Dengan adanya jejaring koordinasi yang intensif antara pilot, ATC dan stakeholder lainnya maka kendala operasional dapat didiskusikan dan informasi yang dihasilkan  berguna bagi penyelenggara bandara, penyelenggara navigasi penerbangan dan penyelenggara meterologi sebagai dasar untuk mengembangkan fasilitas dan prosedur pelayanannya. (*)


KEPALA BAGIAN KERJA SAMA INTERNASIONAL, HUMAS DAN UMUM
DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA
HARI BUDIANTO


Twitter: @djpu151
Instagram: @djpu151
Youtube: djpu151
FB: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
www.hubud.dephub.go.id
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Kementerian Perhubungan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat




Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam memulai pelayanan pada hari ini 25 Februari 2020, dikarenakan pada jam 06.00 kami mendapati banjir yang mencapai selutut orang dewasa. (25 Februari 2020 Jam 08:20:00) Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No 22 Tahun 2019 Tentang Penerapan Pola Hidup Sehat bagi Personel Penerbangan (02 Desember 2019 Jam 08:51:00) Jam Pelayanan BLU Balai Hatpen. Pendaftaran Senin-Jum'at pukul 06.00 - 10.00 WIB/ Sesuai Kuota . Pemeriksaan dan Konsultasi Pukul 07.00-15.00 WIB. Istirahat Pukul 12.00-13.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional LIBUR (30 Juli 2019 Jam 08:04:00) Kuota Pendaftaran Pengujian Kesehatan di Balai Kesehatan Penerbangan sebanyak 160 orang atau Pendaftaran Ditutup Pukul 09.00 WIB, untuk Pendaftaran Recheck ditutup Pukul 10.00 WIB (13 Maret 2019 Jam 14:39:00) Kepala Balai Kesehatan Penerbangan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : SE.028 Tentang Prosedur Permohonan Sertifikat Kesehatan (08 Februari 2019 Jam 15:47:00) Peraturan Kepala BLU Balai Hatpen No.1 Thn 2018 Tgl 16-8-2018, Ttg Tata Cara Pengenaan Tarif Layanan Utama BLU Balai Hatpen. Tidak ada Layanan & tarif yg berlaku di BLU Balai Hatpen kecuali yg telah ditetapkan dlm peraturan. (08 Februari 2019 Jam 15:46:00)