KEBAKARAN MELANDA TERMINAL DOMESTIK BANDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI




SIARAN PERS

Nomor: 118/SP/KSIHU/IV/2019

 

Jakarta (19/4), Berdasarkan informasi yang diterima oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pada pukul 16.50 WITA telah terjadi insiden kebakaran di Area Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Tiga puluh menit kemudian atau tepatnya pukul 17.20 WITA api telah berhasil dipadamkan oleh petugas Pemadam Kebakaran dan AVSEC, para penumpang pun telah berhasil direalokasi  ketempat yang yang lebih aman.

Kepala Otoritas Bandar Udara  Wilayah IV Denpasar Bali, Elfi Amir menyatakan "Mengenai penyebab terjadinya kebakaran hingga saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut dari pihak terkait".

Akibat kejadian ini, operasional di Terminal Domestik dihentikan untuk proses penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran. Penutupan sementara Terminal domestik berdampak pada 19  penerbangan domestik.

Berikut data penerbangan yang terdampak akibat kebakaran di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali :
Lion Air  4 penerbangan, Garuda Indonesia 5 penerbangan, Nam Air  2  penerbangan,  Batik Air  2 ,penerbangan, Wings Air 1 penerbangan, Air Asia 1 penerbangan, Citilink 3 penerbangan dan Sriwijaya Air  1 penerbangan.

"Saat ini check in bagi penumpang Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Nam Air, Citilink , Lion Air , Wing Air  dan Air Asia dipindahkan ke terminal Internasional. Dan pihak operator bandara meminta maaf atas kejadian tersebut dan untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang , AP I telah menyediakan  makanan dan minuman kepada para penumpang " jelas Elfi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti menyampaikan rasa prihatinnya atas kejadian yang menimpa Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. "Kami,  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara turut prihatin atas kejadian kebakaran yang terjadi di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan berharap penyebab kejadian dapat segera diketahui, sehingga keamanan dan keselamatan para pengguna jasa layanan transportasi udara dapat terjamin, terutama saat ini  merupakan libur panjang," ungkap Polana.

Pihak Angkasa Pura I selaku manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah menyediakan Help Desk yang berlokasi di Area Terminal Domestik untuk membantu calon penumpang atas terjadinya kejadian ini.

KEPALA BAGIAN KERJA SAMA INTERNASIONAL, HUMAS DAN UMUM
DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA

HARI BUDIANTO

Twitter: @djpu151
Instagram: @djpu151
Youtube: djpu151
FB: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
www.hubud.dephub.go.id

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Kementerian Perhubungan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat




Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam memulai pelayanan pada hari ini 25 Februari 2020, dikarenakan pada jam 06.00 kami mendapati banjir yang mencapai selutut orang dewasa. (25 Februari 2020 Jam 08:20:00) Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No 22 Tahun 2019 Tentang Penerapan Pola Hidup Sehat bagi Personel Penerbangan (02 Desember 2019 Jam 08:51:00) Jam Pelayanan BLU Balai Hatpen. Pendaftaran Senin-Jum'at pukul 06.00 - 10.00 WIB/ Sesuai Kuota . Pemeriksaan dan Konsultasi Pukul 07.00-15.00 WIB. Istirahat Pukul 12.00-13.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional LIBUR (30 Juli 2019 Jam 08:04:00) Kuota Pendaftaran Pengujian Kesehatan di Balai Kesehatan Penerbangan sebanyak 160 orang atau Pendaftaran Ditutup Pukul 09.00 WIB, untuk Pendaftaran Recheck ditutup Pukul 10.00 WIB (13 Maret 2019 Jam 14:39:00) Kepala Balai Kesehatan Penerbangan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : SE.028 Tentang Prosedur Permohonan Sertifikat Kesehatan (08 Februari 2019 Jam 15:47:00) Peraturan Kepala BLU Balai Hatpen No.1 Thn 2018 Tgl 16-8-2018, Ttg Tata Cara Pengenaan Tarif Layanan Utama BLU Balai Hatpen. Tidak ada Layanan & tarif yg berlaku di BLU Balai Hatpen kecuali yg telah ditetapkan dlm peraturan. (08 Februari 2019 Jam 15:46:00)