BAHAS ISU STRATEGIS DI BIDANG PENERBANGAN SIPIL, DIRJEN PERHUBUNGAN UDARA MENJADI MODERATOR DAN PANELIS DALAM PERTEMUAN KONFERENSI DGCA KE-56 DI KATHMANDU-NEPAL




SIARAN PERS
Nomor: 261/SP/KSIHU/VIII/2019

BAHAS ISU STRATEGIS DI BIDANG PENERBANGAN SIPIL, DIRJEN PERHUBUNGAN UDARA MENJADI MODERATOR DAN PANELIS  DALAM PERTEMUAN KONFERENSI DGCA KE-56 DI KATHMANDU-NEPAL

 

Jakarta (20/8/2019) – Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Polana B. Pramesti, menghadiri The 56th Conference of Directors General of Civil Aviation (DGCA) Asia Pacific Region yang diselenggarakan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) Asia Pacific Regional Office. Konferensi ini berlangsung pada 19-23 Agustus 2019 di Kathmandu, Nepal dan merupakan pertemuan tahunan para Direktur Jenderal Perhubungan Udara di kawasan Asia Pasifik.

Konferensi DGCA merupakan agenda penting yang akan menentukan arah kebijakan terkait isu-isu strategis di bidang penerbangan sipil yang meliputi aspek keselamatan, keamanan, regulasi, efisiensi, pelayanan maupun capacity building serta sebagai media pertukaran informasi maupun best practices perihal perkembangan teknis dan operasional penerbangan sipil baik dari perwakilan regulator maupun stakeholder dari negara-negara Asia Pasifik. Pada Konferensi DGCA ke-56 yang berlangsung di Nepal mengangkat tema “Harmonizing Efforts to Meet the Capacity Contrainst”

Menurut Polana, latar belakang diangkatnya tema “Harmonizing Efforts to Meet the Capacity Contrainst” adalah untuk membahas terkait adanya sejumlah kendala yang dihadapi oleh regulator dan operator penerbangan sipil di kawasan Asia Pasifik sebagai dampak adanya pertumbuhan lalu lintas penerbangan yang sangat pesat di kawasan tersebut. Kendala-kendala tersebut meliputi aspek keselamatan, keamanan, pelayanan dan sejumlah kendala terkait lainnya yang memerlukan adanya upaya kerjasama dan harmonisasi di antara negara-negara anggota ICAO.

“Diperlukan adanya upaya kerjasama dan hamonisasi di antara negara-negara anggota ICAO selaku regulator penerbangan dan organisasi penerbangan sipil untuk mewujudkan kemajuan penerbangan sipil yang selamat, aman, ekonomis dan berkeseinambungan di kawasan Asia Pasifik,” jelas Polana di sela-sela pertemuan. 

Dalam konferensi tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan udara, Polana B Pramesti bertindak sebagai moderator pada agenda pembahasan dengan tema utama “Harmonisasi Langkah-langkah Penanggulangan Kendala Kapasitas di Kawasan Asia Pasifik” dan sebagai panelis pada diskusi high level discussion panel dimana agenda item ini diselenggarakan melalui kolaborasi ICAO dan FAA , 

Dalam konferensi ini Indonesia merupakan satu-satunya negara dari 39 negara anggota ICAO yang didaulat sebagai perwakilan regulator penerbangan sipil di kawasan Asia Pasifik. ICAO telah mengidentifikasi bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan kontribusi yang signifikan terhadap tingginya pertumbuhan penerbangan sipil di kawasan Asia Pasifik

Polana dipilih sebagai moderator dan panelis oleh ICAO dan FAA , dikarenkan pengalaman dan kompetensinya pada posisi senior manajemen di bidang navigasi penerbangan dan manajemen bandar udara, dan diharapkan agar dapat menyampaikan penjelasan mengenai permasalahan di bidang penerbangan sipil yang dihadapi Indonesia , terutama terkait dengan kapasitas dan langkah langkah yang diambil Indonesia untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Selain Polana, panelis lain yang mengisi kegiatan yaitu Angela Gittens, Director General, Airports Council International (ACI) World, Conrad Clifford, Regional Vice President Asia Pacific, International Air Transport Association (IATA), Mitch Fox, International Coordinating Council of Aerospace Industries Associations (ICCAIA), Kevin Shum, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Singapura dipilih dengan justifikasi sebagai CEO Committee pada Asia Pacific Civil Air Navigation Services Organization (CANSO).


KEPALA BAGIAN KERJA SAMA INTERNASIONAL, HUMAS DAN UMUM
DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA

AGUSTINA DANI 

Twitter: @djpu151
Instagram: @djpu_151
Youtube: djpu151
FB: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Portal: hubud.dephub.go.id

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Kementerian Perhubungan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat



WhatsApp_Image_2019-08-20_at_17.45_.45_.jpeg

jpeg | 86 Kb

WhatsApp_Image_2019-08-20_at_17.45_.46_.jpeg

jpeg | 135 Kb


Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam memulai pelayanan pada hari ini 25 Februari 2020, dikarenakan pada jam 06.00 kami mendapati banjir yang mencapai selutut orang dewasa. (25 Februari 2020 Jam 08:20:00) Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara No 22 Tahun 2019 Tentang Penerapan Pola Hidup Sehat bagi Personel Penerbangan (02 Desember 2019 Jam 08:51:00) Jam Pelayanan BLU Balai Hatpen. Pendaftaran Senin-Jum'at pukul 06.00 - 10.00 WIB/ Sesuai Kuota . Pemeriksaan dan Konsultasi Pukul 07.00-15.00 WIB. Istirahat Pukul 12.00-13.00 WIB. Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional LIBUR (30 Juli 2019 Jam 08:04:00) Kuota Pendaftaran Pengujian Kesehatan di Balai Kesehatan Penerbangan sebanyak 160 orang atau Pendaftaran Ditutup Pukul 09.00 WIB, untuk Pendaftaran Recheck ditutup Pukul 10.00 WIB (13 Maret 2019 Jam 14:39:00) Kepala Balai Kesehatan Penerbangan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : SE.028 Tentang Prosedur Permohonan Sertifikat Kesehatan (08 Februari 2019 Jam 15:47:00) Peraturan Kepala BLU Balai Hatpen No.1 Thn 2018 Tgl 16-8-2018, Ttg Tata Cara Pengenaan Tarif Layanan Utama BLU Balai Hatpen. Tidak ada Layanan & tarif yg berlaku di BLU Balai Hatpen kecuali yg telah ditetapkan dlm peraturan. (08 Februari 2019 Jam 15:46:00)