SIARAN PERS
Nomor: 361/SP/KSIHU/XII/2019
WUJUDKAN PENERBANGAN “SELAMANYA”, DITJEN HUBUD RESMI BUKA POSKO NATARU 2019/2020
Jakarta (19/12/2019) – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan resmi membuka posko Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di seluruh Bandar Udara di Indonesia. Pembukaan Posko Nataru 2019/2020 digelar melalui apel akbar serentak yang diikuti seluruh stakeholder penerbangan. Posko Nataru 2019/2020 mengusung tema “Nataru Asyik Lancar dan Selamat” dan akan beroperasi sejak hari ini, Kamis, 19 Desember 2019 hingga Senin, 6 Januari 2020.
Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti menjelaskan, sesuai tema, posko Nataru 2019/2020 akan fokus pada pelayanan optimal untuk menghadirkan penerbangan yang asyik, lancar, dan selamat bagi pengguna jasa transportasi udara.
“Asyik artinya regulator bersama para stakeholder akan siap melayani dengan senang hati sehingga pengguna jasa transportasi udara menikmati perjalanan. Lancar artinya respon cepat untuk mengatasi kendala yang terjadi, tentunya sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Selamat, adalah yang utama dari setiap perjalanan, dan kita menjaminya dengan memastikan terpenuhinya persyaratan komponen layak dan laik, atau “no go item“, ungkap Polana, Kamis, 19 Desember 2019 di Jakarta.
Selama persiapan angkutan Nataru 2019/2020, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah melakukan pematauan di 38 bandar udara domestik dan 7 bandar udara yang melayani penerbangan luar negeri untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang.
Melalui Posko Nataru 2019/2020, kata Polana, Kemenhub akan terus mengawasi arus penumpang dan pesawat udara selama masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Polana berharap agar Posko Nataru 2019/2020 dapat bekerja optimal untuk melayani pengguna jasa transportasi udara.
“Saya meminta kepada seluruh jajaran Ditjen Hubud dan seluruh stakeholder penerbangan untuk menjalankan tugas dengan rasa tanggung jawab, ikhlas, serta ramah melayani pengguna jasa transportasi udara. Selalu update melaporkan perkembangan setiap hari kepada Ditjen Hubud apabila ada kendala dan keluhan dari pengguna jasa transportasi udara,” ujar Polana.
Selain melalui Posko Nataru 2019/2020, Kementerian Perhubungan juga telah membuka pusat layanan dan pengaduan masyarakat melalui Call Center 151. Polana memastikan, keluhan dan pengaduan pengguna jasa transportasi udara akan ditindaklanjuti dengan cepat.
“Kementerian Perhubungan akan bekerja optimal dalam pelayanan selama momen Natal dan Tahun Baru, demi terwujudnya harapan kita semua yakni penerbangan yang Selamat, Aman dan Nyaman (SELAMANYA),” tutup Polana.
PELAKSANA TUGAS
KEPALA BAGIAN KERJASAMA INTERNASIONAL, HUMAS DAN UMUM
DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA
ENDAH PURNAMASARI
Twitter: @djpu151
Instagram: @djpu_151
Youtube: djpu151
FB: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Portal : hubud.dephub.go.id
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Kementerian Perhubungan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat